http://i771.photobucket.com/albums/xx357/cebol_01/Kursor.png

Sabtu, 31 Agustus 2013

Mancarian Jodoh Anak


Ada yang menarik ketika ada sebuah tradisi “baduduak” dan “mamanti/meminang”
Tradisi ini adalah sebuah langkah awal yang dilakukan masyarakat Minangkabau dalam rangka mencarikan pasangan untuk Putrinya, karena di Minangkabau sebagian besar yang mencarikan jodoh dan datang untuk meminang itu adalah Pihak Wanita, istilah ini disebut dengan “Baduduak”, sedangkan datangnya Pihak Perempuan kepada pihak laki-laki disebut dengan “Maminang”
Yang menjadi esensi dari “baduduak” bahwa keluarga perempuan telah memperhatikan bahwa anaknya sudah layak untuk dicarikan pasangan, dan pada saat yang bersamaan juga melihat seorang pemuda yang cocok untuk dijadikan suaminya, hal ini diabadikan dalam petuah adat “Ibaraik Siriah lah Pautik dicarian Junjuangan” sedangkan esensi dari mamanti /maminang adalah menanyakan kesedian pihak laki-laki untuk dilamar menjadi suami.
Kedua tradisi ini masih ada di tengah-tengah masyarakat Minang meskipun sesungguhnya keduanya sudah diatur oleh dua orang Sutradara yaitu calon mempelai.
Kalau dianalisa dari kedua tradisi ini, maka disimpulkan bahwa dahulu kedua calon mempelai tidak saling mengenal, namun hanya sekedar tau data cukupnya dan bahkan tidak sama sekali, karena masih kuatnya peranan “Mamak” dalam menentukan jodoh untuk kemenakannya. Dan masih banyak dijumpai bahwa keputusan untuk lanjut atau tidaknya meminang haruslah merujuk kepada hasil dari rapat “baduduak” tersebut.
Dan karena Kedua Calon mempelai telah melakukan pendekatan awal dan sudah saling kenal, maka secara otomatis semua keputusan dari dua tradisi yang ada cendrung mengikuti hasil kesepakatan dari kedua Anak (Calon Mempelai). Sehingga esensi dari kedua tradisi ini telah berubah dari “Mencarikan Jodoh Anak Perempuan” menjadi “Memberitahukan kepada Masyarakat bahwa Anak Perempuannya sudah mempunyai Jodoh dan akan segera menikah”

Firdaus. M

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More